Jumat, 14 Desember 2007

Hilangkan kata "Tidak Mungkin" dari Kamusmu…

"Itulah…Yak…Pin…pelajaran yang bisa kita ambil", kata bos gw waktu kita bertiga…gw, brondong sama Bos meeting diruangannya. Maksudnya kata "tidak mungkin" itu lho harusnya-lah kita hapus dari kamus kita. Ibarat mo perang...belum apa2 kita sudah nyerah duluan...alias kalah WO...dalam hati...mungkin ini yang bos gw maksud.

Ternyata apa yang baru saja dikatakan ama bos gw diatas...baru saja gw alami sendiri ketika gw harus berjuang ngurus admistrasi persyaratan CPNS. Waktu itu Jumat, 7 Desember 2007 gw ada briefing dari Depag berkaitan dengan persyaratan CPNS. Sebelum briefing, dalam hati gw, enak banget ya...masuk Depag, tidak seperti di instansi2 lain yang super ribet banget, mau daftar ujian aja harus pake Kartu Kuning lah, SKCK lah, Bebas Narkoba lah atau Kesehatan Dokter lah dan lain-lain lah. Sedangkan kemaren ketika gw daftar ujian CPNS Depag cuma pake potokopi KTP sama ijasah dan traskrip doang udah cukup. Dan nyatanya bisa lulus juga.

Ketika briefing...mana udah antri panjang banget...akhirnya gw dapat jatah briefing sekitar jam 10an. Walah..kadabrah...ternyata kita disuruh nglengkapin syarat2 administrasi spt yang gw sebut diatas. SKCK, Kartu Kuning, Bebas narkoba dan Keterangan sehat, dan hari senin besok harus sudah dikumpulkan. Dalam hati, mampus deh...gw kan belum punya semua persyaratan yang disebutin itu. Mana sekarang hari jumat...besok sabtu minggu instansi buat ngurus tuh surat-surat kan pada tutup. Belum lagi ditambah birokrasinya yang kayak jaringan sarap tiruan yang super ruwet dan rumit. Mampus...mampus....deh gw ngurusnya.

Mungkin gw masih bisa dibilang beruntung punya KTP bogor dibanding temen2 yang lain yang KTPnya Solo, Surabaya bahkan ada yang dari luar jawa..hahaha.....Coba klo KTP gw KTP asal gw Klaten, tambah mampus deh gw...Akhirnya setelah briefing, gw langsung aja cabut ke Bogor naik angkutan umum. Perjalanan Jakarta-Bogor jam-jam segini paling sekitar satu jam-an...jadi nyampe bogor sekitar jam 11 siang. Nyampe Bogor, gw langsung menuju ke Polres Bogor buat ngurus SKCK. Meskipun gw tahu untuk buat SKCK, minimal harus pake pengantar terlebih dahulu dari Kelurahan. Tapi bodoh amat...gw hajar aja...smoga saja petugasnya nanti bisa di lobi. Ehh..mak mbeduduk...nyampe Polres...memang bener2 gak bisa, jadinya gw harus bikin dulu surat pengantar dari kelurahan. Mampus...mana ini dah mau jumatan...

Ya sudahlah...akhirnya gw jumatan dulu sambil menenangkan pikiran yang lagi bingung dikejar-kejar waktu. Abis jumatan selesai, gw langsung cabut ke kelurahan Tegal Lega...dalam hati, klo naik angkutan umum bisa-bisa nggak kekejar nieh semuanya. Ya udah gw ambil inisiatip sewa ojek aja, buat nganterin muter2 Bogor. Akhirnya gw dapet juga tuh surat pengantar kelurahan...trus cabut lagi ke Polres buat ngurus SKCK-nya dan akhirnya SKCK kelar juga sekitar jam 2 siang.

Udah jam 2 nieh...kira-kira masih sempet nggak yah .ngurus Kartu Kuning...ya...tahu sendiri...bukan rahasia lagi, biasanya para PNS jam-jam segini dah pada kabur apalagi hari jumat (tuit...tuit...). ah...pokoke coba dulu deh...Langsung gw cabut ke Dinas Pekerjaan Bogor, nyampe-nyampe sana jam setengah tigaan. Masuk ke ruang kepengurusan Kartu Kuning...wuihh senengnya masih ada petugas disitu. Meskpiun Si Bapak yang ngurus2in Kartu Kuning gw baca dari raut mukanya kelihatannya ngambek karena gw datengnya sudah kesorean "dah mau tutup nieh mas..dah sore" bilangnyanya. Wusyet...baru jam setengah tiga dibilang sore....dasar PNS...padahal gw ngurus juga buat PNS hahahaha.....Akhirnya setelah gw paksa juga..dengan alasan mendesak banget, dibuat juga tuh Kartu Kuningnya dan kelar2 Jam 3an. Tapi legalisirnya besok senin aja ya mas...Ya sudah Pak gw kejar besok senin aja....Makasih ya pak...sambil gw sodorin uang administrasinya hiks...hiks...hiks....

Jam 3 Kartu Kuning kelar...sekarang tinggal Surat Bebas Narkoba sama Surat Keterangan Sehat. Telpon temen yang lagi ngurus juga, katanya puskesmas ternyata jam segini dah pada tutup..."Ya sudah lah besok senen aja gw urus lagi, lagian badan kayaknya dah terasa capek banget" kata gw . Ehhh...ternyata ada satu klinik yang masih buka sampe jam 7-an yaitu Klinik Bolkin di Dramaga. Ternyata setelah nyampe disitu, tidak bisa bikin Surat Kesehatan sama Bebas Narkoba yang buat ngurus PNS. Ya sudahlah gw sudah berusaha seharian ini...besok lagi aja lah gw urus..cos...dari informasi salah satu dokter yang gw temuin disitu...besok masih bisa diurus di Rumah sakit Marzuki Mardi....Alhamdulillah setelah berusaha...sebagian syarat sudah gw dapet, tinggal yang lain saja bisa diurus besok. Yang pasti pelajaran sangat berharga yang gw dapet seharian ini adalah jangan pernah menyerah dan jangan pernah bilang "ah ini tidak mungkin" sebelum kamu mencoba dan berusaha....Seperti yang Bos gw katakan. Semoga sukses apa yang sudah dan akan kita kerjakan....

1 komentar:

jundihasan mengatakan...

Tapi akhirnya keterima khan ya?? bener khan keterima??
Semoga makin shalih ya, secara kerja di Depag gt loh :D